Cara Cepat Menghafal Al Qur’an

Metode terbaik dalam menghafal Al Qur’an adalah apa yang akan kami sebutkan. Dan metode ini mempunyai keistimewaan (dibanding metode lainnya, penerj.) dengan kuat dan kokohnya hafalan, kecepatan menghafal serta cepatnya dalam menyelesaikan (menyempurnakan) hafalan Al Qur’an. Berikut penjelasannya beserta contohnya dengan (menghafal) satu halaman dari surat Al Jumu’ah :

1. Bacalah ayat pertama sebanyak 20 kali.

يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا ِفي اْلأَرْضِ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ الْعَزِيْزِ الْحَكِيْمِ (الجمعة: 1)

2. Bacalah ayat kedua sebanyak 20 kali.

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي اْلأُمِّيِّيْنَ رَسُوْلاً مِّنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيْهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ اْلكِتَابَ وَاْلحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوْا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلاَلٍ مُّبِيْنٍ (الجمعة: 2)

3. Bacalah ayat ketiga sebanyak 20 kali.

و آخَرِينَ مِنهُمْ لَمَّا يَلْحَقُوا بِهِمْ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ (الجمعة: 3)

4. Bacalah ayat keempat sebanyak 20 kali.

ذَلِكَ فَضْلُ اللهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَّشَاءُ وَاللهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيْمِ (الجمعة: 4)

5. Bacalah empat ayat ini dari awal sampai yang terakhir (ayat 1-4) untuk mengikat di antara ayat-ayat tersebut, sebanyak 20 kali.

6. Bacalah ayat ke-5 sebanyak 20 kali.

مَثَلُ الَّذِيْنَ حُمِّلُ التَّوْرَاتَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارًا ج بِئسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللهِ وَاللهُ لاَ يَهْدِى اْلقَوْمَ الظَّالِمِينَ (الجمعة: 5)

7. Bacalah ayat ke-6 sebanyak 20 kali.

قُلْ يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ هَادُوا إِنْ زَعَمْتُمْ أَنَّكُمْ أَوْلِيَاءُ لِلَّهِ مِنْ دُوْنِ النَّاسِ فَتَمَنَّوُا اْلمَوْتَ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِيْنَ (الجمعة: 6)

8. Bacalah ayat ke-7 sebanyak 20 kali.

وَلاَ يَتَمَنَّوْنَهُ أَبَدًا بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيْهِمْ  وَاللهُ َعِلْيْمٌ بِالظَّالِمِيْنَ (الجمعة: 7)

9. Bacalah ayat ke-8 sebanyak 20 kali.

قُلْ إِنَّ اْلمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلاَقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ (الجمعة: 8)

10. Bacalah dari ayat 5 sampai ayat 8, sebanyak 20 kali untuk mengikat di antara ayat-ayat tersebut.

11. Bacalah dari ayat 1 sampai ayat 8 sebanyak 20 kali untuk memutqinkan halaman ini.

Jika aku ingin menghafal halaman yang baru pada esok harinya, apa yang harus aku lakukan ?

Jika anda hendak menghafalkan halaman yang baru pada esok harinya, maka sebelum menghafal halaman baru dengan cara yang telah aku sebutkan, hendaknya anda mengulang hafalan halaman yang lalu terlebih dahulu sebanyak 20 kali.

(Ini dilakukan) agar hafalanmu yang lalu menjadi lebih kokoh, baru kemudian anda berpindah untuk menghafal halaman yang baru dengan cara yang telah aku tunjukkan.

Bagaimana cara menggabungkan antara menambah hafalan dan muroja’ah ?

Janganlah anda menghafal Al Qur’an tanpa muroja’ah ! Karena jika anda menghafal Al Qur’an lembar demi lembar begitu saja sampai khatam, lalu anda ingin mengulang lagi dari awal, tentu anda akan mendapati dirimu telah lupa dengan hafalanmu itu. Maka cara yang paling utama adalah menggabungkan antara menghafal dan muroja’ah.

Untuk itu, maka bagilah Al Qur’an olehmu menjadi tiga bagian, tiap 10 juz menjadi satu bagian. Jika dalam sehari anda menghafal satu halaman, maka hendaknya anda barengi dengan muroja’ah empat halaman sampai anda selesai menghafal 10 juz.

Jika anda telah selesai menghafal 10 juz, maka berhentilah menghafal selama satu bulan penuh untuk muroja’ah. Setiap hari anda mengulang-ulang 8 halaman. Setelah genap satu bulan melakukan muroja’ah, mulailah meneruskan hafalan selanjutnya. Anda menghafalkan satu atau dua halaman sesuai kemampuan dibarengi dengan muroja’ah 8 halaman sampai anda berhasil menghafal 20 juz. Jika anda telah selesai menghafal 20 juz, berhentilah menambah hafalan selama dua bulan untuk mengulang hafalan yang 20 juz itu. Setiap hari jatah muroja’ahmu adalah 8 halaman.

Jika telah berjalan selama dua bulan untuk muroja’ah, mulailah untuk menambah hafalan lagi satu atau dua halaman setiap hari sesuai kemampuan. Barengilah dengan muroja’ah 8 halaman setiap hari sampai anda berhasil menghafal Al Qur’an semuanya.

Jika anda telah menyelesaikan hafalan Al Qur’an semuanya, maka muroja’ahlah 10 juz pertama saja dahulu selama satu bulan, setiap hari setengah juz. Lalu setelah itu muroja’ahlah 20 juz selama satu bulan lagi, setiap hari setengah juz dengan dibarengi anda membaca 8 halaman dari 10 juz pertama. Setelah itu lanjutkan untuk muroja’ah 10 juz yang terakhir selama satu bulan pula sebanyak setengah juz setiap hari, dibarengi dengan 8 halaman dari 10 juz pertama dan 8 halaman lagi dari 10 juz kedua.

Bagaimana cara memuroja’ah seluruh Al Qur’an, jika aku telah selesai dari muroja’ah tahap ini ?  

Mulailah dengan memuroja’ah hafalan seluruh Al Qur’an, dua juz setiap hari, dan diulang tiga kali setiap hari dan saya sarankan kepada anda untuk menamatkan Al Qur’an seluruhnya, dua pekan sekali dalam muroja’ah.

Dengan cara ini, dalam selang waktu satu tahun anda akan bisa menghafal seluruh Al Qur’an dengan mutqin (kokoh). Maka lakukanlah hal ini setahun penuh.

(Diterjemah oleh Syabab Ma’had Ibnu Taimiyyah dari kitab Afdhaluth Thariiqah Lihifzhil Qur’anil Kariimi karya Syaikh Abdul Muhsin bin Muhammad Al Qasim)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: